Senin, 03 Februari 2020

6 Cara Mengatasi Android Terendam atau Kemasukkan Air

Tidak selamanya kerusakan pada smartphone android hanya bisa diperbaiki di konter hp, kecuali jika kerusakan android tersebut sudah lumayan parah. Pada saat ini mungkin handphone kamu mati akibat terkena air hujan atau terjatuh di kamar mandi, tetapi tenang saja karena berikut koranspace merangkum 6 cara mengatasi hp android terendam atau terkena air yang sangat mudah untuk dilakukan dirumah.

6 Cara Mengatasi Android Terendam atau Kemasukkan Air

Kasus jatuhnya android ke air kerapkali menimbulkan kekecewaan, karena hal tersebut bisa saja membuat android menjadi mati total jika ditangani dengan cara yang salah. Air dengan barang elektronik semisal ponsel bisa merusak perangkat dengan instan. Bagaikan 2 kutub magnet yang sama, tidak akan pernah cocok dan senantiasa bertolak belakang. Masih ada harapan jika smartphone kamu yang terkena air akan selamat, jika dilakukan dengan penanganan yang tepat. Seperti jangan segera dinyalakan, jangan terlalu banyak menggerakkan ponsel, dan masih banyak lagi cara yang berkembang di masyarakat.

Kecuali android kamu adalah android canggih yang mempunyai sertifikat waterproof atau water resistant(anti air), seperti Samsung galaxy S7 atau Experia Z series. Walaupun terendam air, android itu tidak akan mati dan masih bisa dipakai dengan normal. Namun bila jenis smartphone kamu tidak memiliki sertifikat waterproof atau water resistant, maka akan didapati 3 kemungkinan jika semasa waktu smartphone kamu terkena air yaitu,


  • Android mati total
  • Android dapat Menyala tetapi dalam kondisi yang tidak wajar
  • Layar Android Menjadi Blank atau hanya berwarna putih


Maka dari itu koranspace memberikan beberapa petunjuk supaya smartphone yang terkena air bisa ditangani dengan cepat dan benar sebelum mengalami kerusakan seperti diatas.

6 Cara Mengatasi Android Terendam atau Kemasukkan Air


1. Pastikan Android Dalam Keadaan Mati

Setelah Android mu terkena air, mungkin kamu akan langsung melakukan pemeriksaan pada android tersebut karena saking paniknya. Namun, alangkah baiknya untuk mematikan ponsel kamu terlebih dulu. Lantaran sifat air yang senantiasa bertolak belakang dengan perangkat elektronik, jika kamu masih menyalakan smartphone itu, maka kemungkinan terjadinya kerusakan akan benar-benar besar.

2. Lepaskan Kartu SIM, Baterai, dan Kartu Memory

Lepas baterai, kartu SIM, dan memory card secepatnya untuk meminimalisir kerusakan akibat terjadinya short atau korslet sesudah ponsel terkena air. Bila kamu berpengalaman dalam urusan bongkar pasang hp, alangkah baiknya untuk melepaskan komponennya satu persatu.

Kemudian letakkan komponen-komponen yang sudah dibongkar diatas kain yang kering. Perlu kamu ingat, kamu harus benar-benar mahir jika tidak ingin memperparah kerusakan pada androidmu.

3. Keringkan Bagian Luar

Setelah selesai mengatasi di bagian dalamnya, yang harus kamu lakukan berikutnya adalah mengeringkan bagian luar smartphone android mu, khususnya pada LCD. Biasanya LCD kerap rusak sesudah terkena air karena mengandung filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Bila dibiarkan terlalu lama akan tampil flek hitam pada LCD.

Anda harus melaksanakannya dengan perlahan dan jangan terlalu sering menggerakkan androidmu. Karena semakin sering android digerakkan, kemungkinan besar air akan masuk semakin dalam ke komponen android. Hal tersebut tentu akan memperparah kerusakan pada androidmu.

4. Jangan Meniup Android

Disarankan untuk tidak meniup Android sesudah terkena air, kondisi ini dikarenakan air akan masuk lebih dalam lagi jika kamu meniupnya. Kamu juga bisa mengeringkan androidmu menggunakan alat bantu yakni dengan memakai vacum cleaner. Sehingga kamu bisa menarik keluar air di dalam smartphone androidmu.

5. Keringkan Android

Kamu harus benar-benar mengeringkan android sebelum menyalakannya, didapati banyak sekali metode yang bisa kamu manfaatkan untuk mengeringkan smartphone.

Salah satunya kamu bisa memakai beras. Kenapa harus beras? Lantaran beras dianggap sebagai bahan yang bisa menyerap kelembaban dengan cepat. Dan juga, beras juga gampang untuk didapat, kamu bisa mencari beras di dapur rumah kamu. Diamkan android kamu di dalam beras setidaknya 2 sampai 3 hari. Atau mungkin kamu juga bisa memakai silica gel untuk mengeringkan android kamu yang sudah kemasukkan air.

6. Langkah Terakhir

Hidupkan ponsel kamu, apakah masih bisa dipakai atau sudah tidak bisa menyala lagi. Selamat jika ponsel kamu bisa dinyalakan lagi dan masih dalam kondisi yang normal, jika ponsel kamu sudah tidak menyala setelah melakukan cara diatas sebaiknya bawalah androidmu ke konter terdekat. Apabila setelah di bawa ke konter android masih tidak mau menyala maka relakan saja dan segera cari smartphone yang baru. Simpel bukan? Hehe

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada saat Android Kemasukkan Air

  • Jangan menyalakan smartphone saat kemasukkan air, karena air saling bertolak belakang dengan barang elektronik.
  • Jangan menyambungkan smartphone ke tenaga listrik.
  • Jangan tekan tombol apapun selain tombol turn off, jika kamu menekan tombol yang lain maka besar kemungkinan air akan semakin masuk.
  • Jangan menggerakkan android mu terlalu sering, supaya air tidak merusak komponen yang lain.
  • Jangan panaskan smartphone kamu memakai hairdryer ataupun oven, karena hawa panas akan merusak smartphone kamu.


Itulah beberapa cara dan tips mengatasi smartphone android kemasukkan air yang bisa kamu lakukan dirumah tanpa harus memperbaiki dan membayar di konter hp. Seperti yang sudah saya himbau diatas, bahwa cara ini mungkin bisa berhasil dan mungkin bisa saja gagal. Apabila android masih tidak mau menyala setelah mengikuti cara-cara yang sudah disebutkan diatas maka solusinya adalah pergi ke konter hp untuk memperbaikinya atau beli saja smartphone android yang baru. Sekian semoga bermanfaat ya.

0 $type={blogger}

Posting Komentar