Sabtu, 16 Oktober 2021

Informasi & Cara Daftar Kartu Prakerja Pakai HP Android

Bagaimana cara mendaftar kartu prakerja pakai HP android? Apa syarat daftar kartu prakerja? Bagaimana cara mengatasi gagal upload foto ktp dan foto selfie? Kenapa kode otp tidak masuk?
Jika kamu sekarang sedang mencari informasi seputar kartu prakerja maka kamu sedang berada di blog yang tepat, disini koranspace akan membagikan tutorial lengkapnya untuk kalian. Simak yaa..

Informasi & Cara Daftar Kartu Prakerja Pakai HP Android

Pemerintah secara resmi telah membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang pertama pada 11 April 2020. Hal ini merupakan kabar gembira untuk kamu yang sedang menganggur dirumah atau sehabis terkena PHK dari perusahaan. Syarat daftar kartu prakerja pun cukup mudah, yaitu:
  • Minimal usia 18 tahun
  • Merupakan warga negara Indonesia
  • Tidak sedang bekerja atau tidak sedang menempuh pendidikan

Semua program dan kegiatan kartu prakerja ini akan dilakukan secara online, dalam hal ini pemerintah bekerja sama dengan beberapa platform belajar online untuk kegiatan pembelajaran.

Informasi seputar kartu Prakerja


1. Batas waktu pendaftaran kartu prakerja gelombang pertama adalah 11-16 April 2020 dan peserta yang lolos akan diumumkan pada tanggal 17 April 2020

2. Kuota kartu prakerja adalah sebanyak 164.000 orang peserta.

3. Jika gagal, kamu bisa mengikuti gelombang selanjutnya.

4. Selama tahun 2020, akan ada sekitar 30 gelombang pendaftaran.

5. Anggaran pemerintah untuk program Kartu Prakerja adalah sekitar 20 Triliun.

6. Kegiatan pelatihan dilakukan secara online(Selama Pandemi).

7. Penerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan via email atau SMS.

8. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik melainkan dalam bentuk kode angka unik yang bisa digunakan untuk pembayaran selama pelatihan.

9. Mitra program kartu prakerja diantaranya Tokopedia, Skill Academy, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir dan Sisnaker.

10. Total uang yang diberikan untuk peserta adalah 3.550.000 per orang yang terdiri dari,
  • 1.000.000 digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform belajar online
  • Uang intensif sebesar 600.000/bulan selama 4 bulan(2.400.000)
  • Uang intensif 50.000 setiap pengisian survei, pengisian survei akan dilakukan sebanyak 3 kali(150.000).

Cara Daftar Kartu Prakerja Pakai HP Android


Untuk bisa berpartisipasi dalam program kartu prakerja, umumnya yang perlu kamu siapkan adalah koneksi internet dan perangkat PC atau Laptop. Namun buat kamu yang tidak mempunyai komputer dirumah, kamu bisa tetap ikut berpartisipasi dalam program kartu prakerja ini pakai HP android. Untuk cara daftar kartu prakerja pakai HP Android, silahkan simak tutorial berikut ini.
  • Buka situs https://www.prakerja.go.id
  • Tap pada tombol "Daftar Sekarang"
  • Lakukan registrasi dengan mengisi alamat email dan password kemudian klik "Daftar"
  • Beberapa saat akan ada pesan verifikasi ke alamat email kamu, jika kamu tidak menemukan pesan verifikasi, maka cek lah di menu "spam"
  • Buka pesan verifikasi tersebut, dan klik pada tombol "Verifikasi Email Sekarang"
  • Setelah sukses verifikasi, silahkan login menggunakan alamat email dan password yang sudah kamu buat
  • Selanjutnya kamu akan disuruh mem-verifikasi identitas seperti KTP, data diri dan nomor HP. Silahkan verifikasi indentitas dengan jujur dan benar
  • Jika proses verifikasi identitas sudah selesai maka selanjutnya kamu akan diberikan beberapa pertanyaan(ada batas waktunya), silahkan jawab pertanyaan tersebut dengan benar.
  • Tidak sampai disitu saja, setelah semua pertanyaan sudah kamu jawab, selanjutnya masuk ke dasboard atau beranda, kemudian scroll kebawah dan tekan pada tombol bergabung.
Sampai disini proses pengajuan pendaftaran kartu prakerja sudah selesai, kamu tinggal menunggu saja proses pengumumannya.

Gagal upload foto selfie & KTP saat Verifikasi?

Tidak bisa Upload foto selfie dan foto KTP
Normalnya, proses upload foto ktp dan foto selfie itu cukup mudah dan tidak akan memakan banyak waktu. Namun, pada beberapa kasus proses upload foto seringkali gagal. Hal ini bisa dikarenakan oleh server website yang down atau koneksi internet yang tidak stabil. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah.

1. Gunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network bisa kamu download secara gratis di Google Playstore, cobalah dengan menggunakan vpn sebelum mengakses website prakerja.go.id, Hal ini bertujuan untuk menghindari padatnya traffik dari salah satu operator yang berusaha memasuki website secara bersamaan.

2. Perkecil atau Kompres ukuran foto

Ukuran maksimal foto yang bisa di upload adalah 2 Mb. logikanya, semakin kecil ukuran foto tersebut tentunya akan semakin mudah untuk di upload.

Oleh karena itu, kompreslah fotomu terlebih dahulu menggunakan website pengompres foto berikut https://compressjpeg.com/id/
Dengan begitu ukuran atau size foto mu akan menjadi lebih kecil tanpa harus mengurangi kualitasnya.

3. Gunakan mode Incognito

Cara yang ketiga ini merupakan cara yang dilakukan salah satu teman saya yang ikut dalam program kartu prakerja, dan entah bagaimana, cara tersebut ternyata berhasil.

Jika ketiga cara diatas tidak berhasil, cobalah untuk mengupload ulang foto tersebut sebanyak banyaknya, mungkin saja proses upload foto tersebut adalah cara pemerintah untuk menguji keseriusan kita bukan? Siapa tau.. hehe..

Kenapa SMS Kode OTP tidak masuk?

SMS Kode OTP tidak masuk atau limit
Masalah lain yang sering dialami oleh pendaftar kartu prakerja adalah SMS kode OTP yang tidak masuk, kemungkinan besar yang menyebabkannya adalah padatnya orang yang ingin mendaftar. Berikut adalah beberapa cara mengatasi SMS kode OTP kartu Prakerja yang tidak terkirim.

1. Cek Ulang Nomor

Pastikan nomor yang kamu masukkan sudah benar, jangan masukkan angka 0 di bagian depannya. Misal nomor kamu adalah "082222222222" maka hilangkan angka 0 didepan nomor tersebut sehingga menjadi "82222222222"

2. Perhatikan Waktu Pendaftaran

Waktu yang baik untuk mendaftar kartu prakerja adalah saat tengah malam sampai dengan pagi hari. Karena di waktu ini, aktivitas calon pendaftar akan menjadi lebih sedikit dan hal ini tentunya akan memperlancar kamu dalam proses pendaftaran.

Itu dia pembahasan lengkap terkait Informasi & Cara Daftar Kartu Prakerja Pakai HP Android. Yang terpenting disini adalah kemauanmu untuk mendaftar, masalah di terima atau tidaknya itu urusan belakangan, toh masih ada kesempatan di gelombang berikutnya. Semoga sukses ya..

0 $type={blogger}

Posting Komentar