Minggu, 02 Februari 2020

5 Bisnis Rumahan Modern Cocok Untuk Mahasiswa

Di tengah padatnya aktivitas kuliah, terkadang kebanyakan mahasiswa enggan untuk memikirkan kondisi lain di luar tugas kuliah seperti halnya berbisnis. Alasan mahasiswa tidak ingin menjalankan bisnis saat kuliahpun bermacam-macam, mulai dari takut tidak punya waktu untuk memulai bisnis, tak punya modal, dan bahkan ada yang beralasan takut untuk gagal. Sebenarnya menjalankan bisnis saat masih kuliah adalah kondisi yang benar-benar baik. Dengan memiliki bisnis sendiri berarti kamu akan memiliki penghasilan sendiri. Penghasilan dari bisnismu itu bisa kamu manfaatkan sebagai uang jajan ekstra atau bisa kamu manfaatkan sebagai biaya kuliah. Sangat menarik kan? disamping itu kamu juga bisa membuat orang tuamu bangga karena kamu tidak lagi meminta uang untuk membayar kuliahmu.

5 Bisnis Rumahan Modern Cocok Untuk Mahasiswa

Dibawah ini adalah referensi bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk memproleh uang ekstra.

5 Bisnis Rumahan Modern Cocok Untuk Mahasiswa


1.Reseller dan Dropship

Bisnis yang pertama, kamu bisa berbisnis dengan sistem Reseller dan Dropship. Kedua bisnis itu juga tidak membutuhkan modal banyak. Bahkan dropship hanya membutuhkan modal internet dan rekening bank saja untuk keperluan pemasaran dan transaksinya. Bagi yang belum mengetahui apa itu Reseller dan Dropship koranspace akan menjelaskannya.


  • Reseller adalah orang yang menjual produk, dimana orang itu harus membeli produk dari pemasok terlebih dulu supaya memiliki stock produk yang akan dijual. Umumnya reseller akan membeli produk dari supplier dengan sistem grosir. Sesudah membeli produk dari supplier, tugas reseller selanjutnya adalah menjual lagi produk itu dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari harga awalnya untuk mendapat keuntungan.
  • Dropship hampir sama dengan reseller, hanya saja seorang dropship tidak butuh membeli produk sebagai stock karena tugas dropship hanya menawarkan produk dari supplier kepada calon konsumen. Sesudah ada konsumen yang berminat untuk membeli produk itu, maka supplier akan mengirimkan produk itu langsung ke alamat konsumen tetapi atas nama si dropshipper dan bukan nama dari si supplier. Tujuannya supaya kelihatan jika yang berjualan produk itu benar-benar sang dropshiper.


Nah kamu bisa memulai berbisnis reseller dan dropshipper dengan modal yang tidak terlalu banyak. Syaratnya kamu harus memiliki rekening bank, laptop, android dan juga koneksi internet. Berbisnis reseller dan dropship itu bisa mendatangkan keuntungan yang banyak apabila kamu sanggup menjual banyak barang. Maka dari itu di butuhkan pemasaran atau marketing yang tepat sasaran supaya bisa menjaring banyak pembeli. Bila kamu ingin berbisnis reseller dan dropship, maka kamu butuh mencari toko online yang terdapat sistem reseller dan dropship. Toko online itu bisa kamu temukan di internet.

2. Menjadi Seorang Blogger

Anak muda modern sangat identik dengan yang namanya teknologi. Aktivitas blogging adalah kegiatan menulis sebuah hal yang berkaitan tema tertentu yang dituangkan ke sebuah blog di internet. Apabila kamu bisa menulis dengan baik, tak ada salahnya tulisan itu kamu tuangkan ke dalam blog. Kamu bisa menuliskan apapun di blog sesuai dengan minatmu terhadap tema-tema tertentu asalkan tidak melanggar peraturan mengenai kode etik jurnalistik.

Memulai membangun sebuah blog juga relatif mudah. Apabila tidak ada modal untuk membeli hosting dan domain maka kamu bisa memanfaatkan situs yang memfasilitasi untuk membaut blog secara gratis seperti blogspot dan wordpress. Jangan takut blog kamu dibilang blog gratisan oleh banyak orang. Pada dasarnya blog yang baik itu adalah blog yang memiliki content artikel yang berbobot dan juga berguna untuk pembacanya. Kamu bisa mengembangkan blog dengan menulis content artikel yang menarik dan carilah trafik sebanyak banyaknya. Penghasilan dari sebuah blog bisa diperoleh melalui program monetisasi blog seperti program Pay Per Click Google Adsense. Alternatif lain selain adsense, kamu juga bisa mendatangkan uang melalui blog seperti memasang space iklan mandiri di blog, berjualan produk sendiri atau produk orang lain seperti ebook atau produk lainnya asalkan produk itu masih ada kaitannya dengan blog yang kamu miliki.

Semakin banyak trafik maka semakin banyak pula kesempatan untuk mendapat uang dari blog yang kita kelola. Intinya tinggal kita pandai-pandai saja dalam marketing atau pemasarannya untuk menarik banyak pengunjung. Apabila kamu tertarik segeralah bangun blog dan jika kurang mengetahui mengenai seluk beluk blogging maka kamu bisa mencari tutornya di internet. Pasti banyak sekali orang-orang yang membahas mengenai blogging yang bisa kamu temui dengan cara searching di internet.

3. Menjadi Youtuber

Menjadi youtuber juga adalah bisnis sampingan yang menjanjikan untuk mahasiswa. Youtuber masih berkaitan dengan tekhnologi dimana kita membutuhkan koneksi internet untuk menggunakan dan mengunggah video di situs youtube. Sebenarnya youtuber itu hampir sama dengan blogger, bedaannya hanya terletak pada kontennya. Bila menjadi blogger kita diharuskan untuk memiliki blog sendiri dan harus menulis artikel, maka youtuber kita diharuskan untuk membuat sebuah konten video yang menarik untuk di unggah di situs youtube.

Sama dengan blogger, sesudah itu kita juga harus mempromosikan video yang sudah kita unggah tersebut. Tujuannya sama, yakni supaya menarik banyak pendatang yang menonton video kita atau istilahnya viewer. Setelah bisa banyak viewer, kita bisa mendapat uang dengan cara memonetisasi video kita dengan layanan youtube adsense. Bila di blog memakai google adsense maka di youtube kita memakai youtube adsense. Keduanya sudah benar-benar populer di kalangan blogger dan youtuber.

Untuk memulai menjadi youtuber, kamu butuh membuat sebuah konten video yang menarik dan semakin baik video itu sesuai dengan minat dan keahlian yang kamu miliki sebagai contoh apabila kamu menyukai sepakbola, maka kamu bisa membuat video tentang sepakbola. Carilah viewer atau pemirsa sebanyak banyaknya dan segera dapatkan uang. Semakin banyak viewer, semakin banyak pula pundi-pundi rupiah yang akan kita dapatkan.

4. Jual Pulsa

Pada saat ini pengguna handphone lebih-lebih android mengalami perkembangan yang benar-benar signifikan. Melihat kondisi itu, pasti kebutuhan akan pulsa juga semakin meningkat. Untuk android, pulsa di butuhkan tidak hanya untuk sms dan telfon, tetapi juga dipergunakan untuk membeli paket internet.

Kamu sebagai seorang mahasiswa bisa berbisnis jual beli pulsa itu. Berbisnis jual beli pulsa juga tidak membutuhkan modal yang besar karena kamu bisa memulainya bahkan dengan modal sedikit. Kamu butuh membeli stock pulsa terlebih dulu dari agen pulsa terpercaya, Agen-agen pulsa itu bisa kamu temukan dengan searching di internet. Kemudian untuk pemasarannya, kamu bisa menawarkan bisnis jual beli pulsa yang kamu kelola itu kepada teman sekampusmu atau kepada tetangga dekat. Jangan malu dan minder, yang terpenting bisnis kamu itu masih halal dan tidak menyalahi aturan. Berbisnis pulsa akan benar-benar menguntungkan untuk yang melakoninya, apalagi kebutuhan pulsa semakin hari semakin meningkat.

5. Membuka Kursus

Kamu bisa mendapat uang dengan menjalankan kursus di bidang tertentu sesuai dengan jurusan yang kamu ambil di kuliah. Misalnya kamu kuliah jurusan Matematika, maka tidak ada salahnya kamu menjalankan kursus matematika kepada anak-anak SMP dan anak-anak SMA. Kamu bisa mengatur sendiri jam les atau kursus untuk anak didik kamu asalkan jam itu tidak mengacaukan aktivitas kuliah. Tak ada salahnya mencoba, hitung-hitung untuk belajar menjadi seorang guru, toh jika sudah lulus dari kuliah tentu kamu juga akan menjadi seorang guru. Apalagi untuk kamu yang mengambil kuliah jurusan pendidikan.

Itu sedikit ulasan saya mengenai bisnis atau usaha yang menguntungkan untuk seluruh mahasiswa. Bisnis diatas merupakan bisnis rumahan atau bisnis yang bisa dilakukan dirumah bahkan diantaranya adalah bisnis online yang bisa kamu jalankan hanya bermodalkan android, komputer dan koneksi internet. Bisnis tersebut tentunya bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan untuk mendapat uang ditengah sibuknya kuliah. Semoga bermanfaat semoga sukses ya.

0 $type={blogger}

Posting Komentar