Selasa, 25 Februari 2020

4 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis & Panas

Sebagai sesama pengguna laptop, mungkin kita memiliki beberapa kondisi atau kebiasaan yang sama saat memakai laptop, yang terbukti dampaknya itu bisa menimbulkan daya tahan baterai laptop cepat berkurang. Hal seperti ini kebanyakan jarang dihiraukan, bahkan dilakukan berkali-kali. Hal apa sajakah itu? Silahkan Kamu simak di bawah ini.

4 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis & Panas

1. Melepas baterai laptop saat dipakai

Ini adalah ajaran dari penggiat teknologi di awal tahun 2000an. Untuk laptop jaman sekarang, baterai laptop bahkan sudah tidak portable lagi atau bisa dilepas dengan mudah. Baterai pada laptop jaman sekarang ini sudah seperti dipakai pada smartphone yang bernama Non Removable. Kalau pun memang masih ada laptop terbaru yang baterainya bisa dicabut, maka sebaiknya jangan dicabut. Lantaran, jika malah tidak dipakai baterai laptop itu akan berkurang sendiri kemampuannya. Dan juga, memakai laptop tanpa baterai bisa beresiko merusak hardware lain di dalam laptop apabila mendadak listrik padam.

2. Menggunakan laptop di atas kasur

Untuk kebiasaan yang 1 ini, Saya pribadi sesungguhnya biasa melaksanakannya jika memang lagi malas duduk di tempat duduk, akibatnya semakin enak berbaring di kasur atau di atas sofa. Kebiasaan seperti ini sebaiknya jangan Kamu lakukan, apalagi jika terlalu kerap. Lantaran sistem sirkulasi udara pada laptop yang kebanyakan ada pada bagian bawah, samping kiri kanan atau depan, bisa terhalang oleh kasur. Ini bisa menyebabkan laptop cepat panas, sampai akhirnya berefek pada baterai atau pun hardware lainnya.

3. Mencharge laptop saat benar-benar kosong

Mungkin Kamu kerap mengatakan ini “masih tersisa 15%, itu masih bisa digunakan kok Nanti aja nge-casnya”.

Mungkin Kamu juga masih termasuk dalam ajaran pengguna laptop lama yakni jangan senantiasa menancapkan charger laptop, karena bisa menimbulkan baterai laptop bocor. Untuk laptop tipe lama atau di bawah tahun 2010 an, memang ajaran itu masih berlaku. Tapi, untuk laptop jaman sekarang sudah canggih. Laptop jaman sekarang ini dibekali teknologi seperti pada smartphone, yang akan otomatis memutuskan arus listrik sendiri saat sudah full. Dan, jangan pernah membiarkan laptop baru Kamu sampai baterainya benar-benar menyentuh angka 0%, karena ini akan menimbulkan waktu pakai baterainya juga ikut berkurang.

4. Charging laptop dengan charger yang tidak sesuai

Mengecas laptop dengan charger yang tidak sesuai ini maksudnya adalah memakai charger dari laptop lain yang dari 1 vendor, atau memakai arus listrik yang dayanya tidak sesuai. Kamu boleh memakai charger laptop orang lain, tapi pastikan tipe laptop Kamu itu sama. Walaupun bermerek atau dari vendor yang sama, tapi jika beda tipe maka itu berpotensi mengurangi daya tahan baterai. Dan juga, pilihlah lokasi charger yang arus listriknya stabil atau tidak terlalu tinggi.

Nah itu dia 4 hal sepele yang menyebabkan batre laptop menjadi sangat boros, kedengarannya memang sangat klise tapi itu cukup berdampak pada baterai laptop menjadi lebih cepat habis daripada saat awal pertama beli. Disisi lain, kamu juga harus tetap menjaga kebersihan daripada laptop itu sendiri karena jika laptop dalam keadaan kotor maka potensi untuk memperboros daya dari baterai laptop akan semakin tinggi, jadi rutinlah membersihkan laptop minimal sebulan sekali. Semoga bermanfaat.

0 $type={blogger}

Posting Komentar