Kamis, 06 Februari 2020

Cara Melacak Smartphone yang Hilang Menggunakan Aplikasi

Kehilangan smartphone memanglah sesuatu yang menjengkelkan, apalagi disaat kita sedang sangat membutuhkan smartphone android tersebut. Kebanyakan orang akan langsung merasa panik dan mencoba mengingat-ingat kembali kapan terakhir kali menggunakannya, saat menyadari bahwa smartphone nya menghilang entah itu karena ketinggalan dirumah, lupa menaruhnya, terjatuh dijalan atau bahkan bisa saja di curi oleh orang lain disekitarmu atau dicopet. Bagaimana mungkin kita tidak panik? dalam smartphone kita tentunya mengandung hampir seluruh data dan juga informasi penting mengenai diri kita.

Cara Melacak Smartphone yang Hilang Menggunakan Aplikasi

Namun jangan panik dulu, karena di artikel kali ini koranspace akan membagikan informasi nih ke kalian tentang cara melacak android atau iPhone yang hilang menggunakan aplikasi dan juga website pelacak smartphone secara gratis alias tidak berbayar. Langsung saja yukk..

1. Melacak Android menggunakan Google Maps

Cara melacak smartphone pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melacaknya menggunakan google maps. Google Maps adalah sebuah layanan yang diciptakan oleh google untuk mengetahui lokasi dari perangkat yang tersambung di internet.

Pada umumnya seluruh smartphone android dan juga iPhone dari sana nya sudah terpasang aplikasi google maps. Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk melacak hp kita yang hilang.

Cara melacak android yang hilang menggunakan Google Maps :


  • Siapkan perangkat baik itu laptop, tablet, dan juga smartphone android yang tentunya memiliki koneksi internet. Setelah itu kunjungi situs https://www.google.com/android/find atau google.com/android/devicemanager.
  • Setelah itu masuk memakai akun Gmail yang sama dengan akun yang tertanam atau terpasang pada android kita yang hilang.
  • Tunggu sampai proses pencarian device berakhir. Bila sukses maka dengan otomatis lokasi android kita yang menghilang akan tampil.


Disitu juga didapati beberapa fungsi atau fitur yang bisa kita gunakan seperti,

1. Putar Suara 

Putar suara bisa kita manfaatkan untuk membunyikan perangkat kita selama 5 menit meskipun hp kita dalam mode diam.

2. Amankan perangkat

Adalah fitur yang bisa kita manfaatkan untuk mengunci android kita dan keluar dari akun google kita.

3. Hapus perangkat

Adalah sebuah fitur yang bisa kita manfaatkan jika kita tidak bisa lagi untuk mencarinya. Dan akan menghapus seluruh data dari perangkat kita supaya tidak di manfaatkan oleh orang yang mengambil atau mencuri android kita.

2. Melacak Android menggunakan Aplikasi Find My Device

Find My Device adalah salah 1 aplikasi yang diluncurkan oleh Google. Seperti namanya Find My Device ditujukan untuk mencari perangkat kita yang menghilang dengan menampilkan lokasi perangkat tersebut. Adapun langkah langkah cara menggunakan Find My Device adalah sebagai berikut.

Cara melacak smartphone menggunakan apk Find My Device :


  • Terlebih dulu unduh dan pasang aplikasi Find My Device melalui Google Play Store atau Apps Store.
  • Setelah aplikasi sukses terpasang, selanjutnya buka aplikasi itu dan masuk memakai akun google mu yang kamu pergunakan di android yang hilang.
  • Bila proses masuk sudah selesai maka dengan otomatis aplikasi itu akan melacak lokasi smartphone kamu yang hilang.


Aplikasi Find My Device tidak hanya untuk melacak lokasi dimana hp kamu berada loh. Kamu juga bisa memakai beberapa fitur yang tersedia diantaranya seperti untuk membunyikan android, mengunci android, atau bahkan menghapus seluruh data dan informasi pada smartphone android kamu. Untuk kamu yang memakai iPhone kamu bisa melaksanakan cara dibawah ini untuk melacak iPhone kita.

3. Melacak iPhone menggunakan Aplikasi Find My iPhone

Kalau tadi kita menggunakan apps Find My Device untuk melacak android yang hilang, sekarang koranspace juga akan membagikan cara melacak iPhone yang hilang menggunakan apk Find My iPhone. Untuk bisa memakai aplikasi ini langkah-langkahnya adalah terlebih dulu kamu harus mengaktifkan aplikasi Find My iPhone dan GPS sebelum kejadian hilangnya iPhone kamu. Jika sudah selanjutnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Cara melacak iPhone yang hilang menggunakan apps Find My iPhone :


  • Buka aplikasi Find My iPhone pada perangkat iPhone lain. Setelah itu masuk memakai Email yang kita gunakan pada iPhone kita yang hilang.
  • Apabila proses masuk sudah sukses, tap perangkat tersebut untuk memulai proses mencari lokasi iPhone kita yang menghilang di Maps.
  • Bila sukses maka lokasi iPhone kamu akan tampil pada maps.


Ada beberapa fungsi yang bisa kita manfaatkan disini. Seperti membunyikan iPhone kamu, mengunci iPhone kamu dan juga menampilkan pesan khusus. Pesan khusus ini bisa kita sampaikan kepada orang yang menemukan atau yang mencuri iPhone kita.

Namun, bila sudah tidak memungkinkan untuk mengembalikan iPhone ke tangan kita. Kita juga bisa menghapus seluruh data dan juga informasi yang ada pada iPhone yang hilang.

4. Melacak Smartphone yang hilang dengan Web iCloud

Selain menggunakan aplikasi untuk mencari smartphone yang hilang, kamu juga dapat memilih opsi lain untuk melacak yaitu dengan menggunakan web browser atau lebih tepatnya melacak nya menggunakan sebuah website yang bernama iCloud, namun cara ini hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone saja, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


  • Buka web browser kita baik melalui PC ataupun smartphone.
  • Lalu buka https://www.icloud.com/find sesudah itu masuk memakai Apple ID yang kita gunakan pada iPhone kita yang hilang.
  • Apabila sudah sukses login, maka kita bisa melihat lokasi dimana iPhone kita berada.


Dalam hal ini kita juga bisa memakai fitur-fitur yang tersedia seperti Lost Mode, Play Sound, dan Erase iPhone.

Itulah beberapa cara untuk melacak smartphone android dan juga iPhone yang hilang. Walaupun cara-cara itu benar-benar gampang untuk diterapkan tetapi sebaiknya kita juga harus bijak dalam merawat android kita supaya jangan sampai hilang. Karena tidak menutup kemungkinan cara-cara diatas akan gagal dan smartphone kamu tidak akan kembali lagi untuk selama lamanya. Semoga bermanfaat.

0 $type={blogger}

Posting Komentar