Rabu, 15 Januari 2020

Perbedaan HDD(Hard Drive Disk) dan SSD(Solid State Drive)

Hard Disk Drive (HDD) atau biasa disebut Harddisk adalah sebuah media penyimpanan yang selama ini dipakai untuk PC desktop dan juga laptop. Zaman yang mulai canggih ini menimbulkan beberapa perusahaan berlomba-lomba dalam pengembangan teknologi HDD menjadi sebuah media penyimpanan yang memiliki kemampuan baca dan tulis data sampai 8 kali lebih cepat dibandingkan dengan HDD yakni SSD atau singkatan dari Solid State Drive.

Perbedaan HDD(Hard Drive Disk) dan SSD(Solid State Drive)

Pada PC kebanyakan akan memakai kedua media penyimpanan itu, SSD dipakai untuk media penyimpanan pertama yang dimana sistem operasi berjalan, sementara HDD dipakai sebagai media penyimpanan kedua yang mengandung segala macam data yang dimiliki.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan SSD dan HDD dari pengertian, kapasitas, harga, durabilitas, performa, kemampuan fragmentasi, dan ukuran fisik. Berikut kita simak bersama.

Apa itu SSD dan HDD?

Hard Drive Disk (HDD) adalah sebuah perangkat keras untuk menyimpan data di sebuah PC. Sebuah harddisk memakai piringan besi (Seperti CD). Dengan piringan yang bisa berputar sebuah data bisa tersimpan dan dibaca, dan lebih tipis piringan itu maka semakin baik juga kemampuan menyimpannya. Dengan alasan ini, piringan bisa saja memiliki ukuran yang sama tetapi memiliki kapasitas yang berlainan.

HDD sudah dikembangkan dari tahun 1960 sampai sekarang ini, memiliki kemampuan canggih yang bisa menyimpan ratusan data yang besar sekaligus

HDD biasa dipakai sebagai media penyimpanan perangkat seperti desktop atau PC, laptop, dan server sebuah provider.

Solid State Drive (SSD) hampir sama dengan HDD bedanya file yang tersimpan di media itu terkoneksi 1 sama lain di sebuah chip. SSD juga kebanyakan menempel di motherboard karena ukurannya yang ramping biasanya banyak dipakai pada laptop, smartphone, tablet, dan kamera.

Perbedaan SSD dan HDD

Sebelum masuk semakin dalam, pada dasarnya SSD dan HDD memiliki fungsi yang sama yakni untuk menyimpan file, akan tetapi ada kondisi yang menimbulkan SSD atau HDD unggul jika penggunaannya benar, seperti contohnya kamu memakai HDD pada PC karena ingin memiliki ukuran penyimpanan yang besar dan harga yang murah, begitu juga dengan SSD. Untuk penjelasan semakin lanjut mari kita simak.

1. Kelebihan SSD

Memiliki performa yang tinggi akibatnya mempercepat proses baca/tulis Lebih terjangkau dari SSD, Banyak perangkat yang memakainya.

2. Kekurangan SSD

Durabilitas tidak seperti HDD, Tidak baik untuk menyimpan data jangka panjang Komponennya membuat kecepatan baca semakin lambat dari SSD

3. Dari Segi Harga

Bagi kamu yang ingin memiliki SSD atau juga HDD tentu harus mengawasi kegunaannya, misalnya ingin merakit PC gaming dengan memakai SSD dan juga HDD tetapi memiliki budget yang kurang memadai kamu bisa pilih HDD saja dengan harga yang relatif terjangkau sekaligus sanggup menyimpan file sampai ratusan GB.

Harga dari kedua hardisk ini jika diukur bersumberkan TB kebanyakan SSD dengan penyimpanan 1 TB akan dibanderol Rp2.8 juta sementara HDD semakin terjangkau yakni hanya berkisar Rp700 ribu sampai Rp1 juta.

4. Segi Kecepatan

Kecepatan yang bisa di proses oleh masing-masing Drive tentu berlainan seperti saat memindahkan, menghapus, menyalin, mengedit, dan proses lainnya tentu SSD akan lebih unggul dibandingkan dengan HDD.

Contohnya seperti SSD yang terpasang di PC maka PC kamu akan bekerja dengan cepat dan memiliki performa yang lebih baik dibanding dengan HDD, singkatnya PC yang memakai SSD akan bekerja semakin cepat.

Sedangkan PC yang terpasang HDD akan membutuhkan waktu yang lama, tetapi tidak menutup kemungkinan sebuah HDD bisa dikatakan lambat dalam proses, Semua bergantung kebutuhan masing-masing, tetapi jika kamu ingin memiliki PC dengan performa tinggi maka gunakanlah SSD sebagai media penyimpanannya.

Pada saat ini SSD paling cepat memiliki kecepatan baca sampai 3,500 MB/s dan kecepatan menulis 3,000 MB/s.

5. Segi Kapasitas

Di awal pembahasan saya pernah menyinggung soal kapasitas dari kedua Drive ini, jika ingin memiliki kapasitas yang besar maka kamu bisa memakai HDD, tetapi jika ingin memiliki media penyimpanan yang cepat kamu bisa memakai SSD.

Tentu HDD memang memiliki keunggulan di segi kapasitas yang besar. Pada saat ini kita bisa melihat ada drive yang sanggup menyimpan sampai 12 TB yakni HDD keluaran Seagate seri IronWolf NAS, bayangkan saja 12 TB! saya saja yang punya 500 GB sudah dapat menampung banyak sekali file dan belum penuh juga hahaha.

HDD sudah, sekarang kita mengarah ke SSD, jika dari segi kecepatan SSD menang telak dengan HDD, tetapi bicara soal kapasitas SSD memiliki kapasitas yang relatif sedikit, tercatat SSD yang memiliki kapasitas terbesar hanya sampai 2 TB itupun memiliki harga yang benar-benar mahal.

6. Segi Durabilitas

SSD dan HDD memiliki struktur yang berlainan, jika HDD memiliki piringan yang berputar maka SSD tidak ada pergerakan mekanik yang ada didalamnya, akibatnya saat HDD terbentur atau jatuh maka kemungkinan rusaknya lumayan tinggi karena dikhawatirkan akan merusak bagian rotor pemutar piringan HDD.

Kenapa kondisi ini bisa terjadi? Lantaran pada saat bekerja head hard disk mengambang lebih kurang beberapa perseribu di atas permukaan piringan. Suatu guncangan atau benturan akan menimbulkan penyentuhan kepala bagian magnetis disk. Dengan kecepatan putar penuh penyentuhan kepala ini akan merusak rute, jika kondisi ini terjadi pada daerah rawan pada file direktori maka akibatnya akan fatal.

Hal tersebut berlainan dengan SSD yang hanya memiliki chip yang kokoh, meskipun tidak memiliki pergerakan mekanik didalamnya SSD tetap bisa saja rusak jika terbentur atau tidak sengaja jatuh, tetapi tingkat presentase kerusakannya lebih kecil dibanding dengan HDD.

7. Fragmentasi

Fragmentasi disk adalah sebuah masalah yang berkaitan dengan pembuatan dan penghapusan disk yang terus menerus. Sepanjang usia biasa dari sebuah disk, banyak file yang dibikin dan dihapus, dan karena itu terciptalah ruang-ruang atau celah-celah pada daerah disk yang dipakai. Sebuah disk yang memiliki lubang-lubang atau ruang-ruang semacam itu dikatakan sudah Defragmentasi.

SSD dan HDD tentu saja memiliki kemungkinan memiliki masalah seperti di atas, seluruh bergantung cara penggunaannya.

8. Ukuran Fisik SSD dan HDD

Pada umumnya pengembangan HDD bisa semakin kecil dari 3.5-inch, kebanyakan ukuran itu bergantung pengembangan media penyimpanan pada perangkat tertentu seperti laptop atau tablet, Namun ukurannya tidak lebih kecil dari 1.8-inch karena HDD memiliki piringan yang berputar akibatnya jika semakin kecil dari itu maka kapasitasnya akan berkurang.

Berbeda dengan SSD, SSD bebas dikembangkan sampai sekecil apapun, mungkin saja di waktu mendatang nanti kita akan mendapati SSD sekecil nasi ya Haha.

9. Noise (Kebisingan)

Yang kita ketahui dari artikel di atas bahwa HDD memiliki piringan yang berputar, putaran inilah yang kebanyakan mendatangkan suara, semakin cepat proses baca/tulis HDD maka semakin bising pula HDD nya.

Di studio musik kebanyakan akan menentukan memakai SSD karena tidak bising. Kenapa tidak bising? Lantaran SSD tidak memiliki bagian mekanik yang bergerak dan benar-benar murni sebuah chip.

Kesimpulan
Dari artikel di atas bisa disimpulkan bahwa SSD dan HDD memiliki 7 perbedaan, jika dilihat lebih baik atau jelek yang mana berdasarkan saya seluruh bergantung penggunaannya untuk apa. Dan 1 lagi untuk kamu yang ingin membeli SSD atau HDD pilihlah sesuai kemampuan dan kebutuhan kamu jangan sampai salah pilih, karena dari SSD atau HDD itu sendiri berdasarkan saya sekali lagi-lagi seperti awal, yakni bergantung penggunaaannya dan untuk apa.

0 $type={blogger}

Posting Komentar