Rabu, 15 Januari 2020

Apa Itu NTFS, FAT32, dan exFAT Serta Perbedaannya

Bagi beberapa orang yang awam mengenai sistem file mungkin pusing saat mendengar NTFS, FAT32, ataupun exFat, ke3 jenis sistem penyimpanan ini adalah pengaturan bagaimana nantinya file akan disimpan di dalam media penyimpanan seperti Flashdisk atau Hardisk.

Apa Itu NTFS, FAT32, dan exFAT Serta Perbedaannya

Sekarang kamu tidak butuh pusing lagi mengenai NTFS, FAT32, dan exFAT karena koranspace akan menejelaskan mengenai apa itu NTFS, FAT32, dan exFAT serta perbedaannya.

Apa itu NTFS?
Merupakan singkatan dari New Technology File System. Dikenalkan pada tahun 1993, pada awalnya Microsoft dan IBM akan merancang sebuah sistem file bernama OS/2 yang memiliki banyak fungsi baru di dalamnya, tetapi karena ada persoalan internal antara Microsoft dan IBM, akhirnya proyek itu kandas dan IBM tetap melanjutkan OS/2 sementara Microsoft mengembangkan Windows NT untuk menciptakan sistem file yang dinamakan NTFS, hasil dari proyek sistem file NTFS banyak meminjam konsep dari OS/2.

Hadir pertama kali pada sistem operasi Windows XP, NTFS memiliki desain yang sederhana tetapi kemampuannya melebihi FAT32 yang pernah dikembangkan sebelumnya, seperti sanggup menyimpan file lebih dari 4 GB dan memiliki sistem enkripsi sendiri akibatnya file terjamin ketentramannya.

Apa itu FAT32?
FAT32 adalah pengembangan dari FAT16, FAT adalah sistem penyimpanan terlawas yang dikenalkan pada tahun 1977 pada awalnya hanya 8-bit sistem file tetapi sesudah dikembangkan lagi barulah tampil FAT32 yang memiliki 32-bit sistem file yang pada saat itu dipakai pada sistem operasi MS-DOS 7.1/Windows 95.

Sistem file FAT32 memakai cluster yang terkecil dari sistem file FAT, memiliki duplicate Boot records dan memiliki ciri-ciri direktori akar yang bisa dijadikan beberapa ukuran dan juga bisa dilokasikan dimana saja dalam disk dari partisi.

Biasanya FAT32 kerap dipakai untuk media penyimpanan seperti flashdisk karena memiliki kapabilitas tinggi pada device ini, seperti contoh flashdisk yang kamu beli sudah diatur dengan cara standar memakai sistem file FAT32.

Tidak seperti NTFS, FAT32 tidak memiliki sistem enkripsi file yang bisa merawat ketentraman file, juga keterbatasan pada penyimpanan file yakni kurang dari 4 GB, dan FAT32 ini tidak mendukung fungsi kompresi file akibatnya data yang disimpan jauh lebih besar.

Apa itu exFAT?
exFAT adalah singkatan dari Extended File Allocation Table, sistem file ini pertama kali dikenalkan pada Windows CE 6.0 yang tertanam pada sistem operasi tepatnya pada tahun 2006. Sistem file ini bisa dipakai sebagai alternatif dari sistem file NTFS karena memang NTFS memiliki struktur data yang relatif semakin besar ketimbang exFAT.

exFAT sendiri juga biasa disebut FAT64 yang juga adalah upgrade besar-besaran dari FAT32, pada dasarnya exFAT dan FAT32 memiliki ciri khas yang hampir sama, jika FAT32 hanya sanggup menyimpan data kurang dari 4 GB berlainan dengan exFAT yang sanggup menyimpan file lebih dari 4 GB, exFAT juga memiliki kemampuan mengatasi beban dari HDD (Hard Disk Drive) yang berukuran besar. exFATjuga bisa berfungsi pada Mac OS X dan juga di Linux tetapi pada Linux membutuhkan aplikasi ekstra.

Perbedaan NTFS, FAT32, dan exFAT


Karena keterbatasan waktu, maka Untuk perbedaan antara NTFS, FAT32 dan ExFat akan koranspace bahas dalam artikel selanjutnya atau juga artikel ini nantinya akan di update, kembali lagi ke progres dari pengunjung. Jika artikel ini mampu mendatangkan banyak pengunjung maka artikel ini nantinya hanya akan di Update tetapi jika pengunjungnya sedikit maka kemungkinan besar akan saya buat artikel yang baru yang lebih lengkap lagi kedepannya.

Terimakasih sudah membaca postingan Perbedaan NTFS, FAT32, dan exFAT dari saya jika ada yang ingin ditanyakan silakan kirim pertanyaan di kontak saya yang sudah saya sediakan di blog ini. Terimakasih.

0 $type={blogger}

Posting Komentar