Sabtu, 25 Januari 2020

Cara Melamar Kerja Via Online Melalui Email

Lamaran Kerja adalah sebuah langkah penting untuk mendapat pekerjaan. Tanpa adanya surat lamaran maka perusahaan atau tempat yang Kamu tuju tidak akan mengetahui maksud dan tujuan kamu. Biasanya lamaran kerja ditulis dalam lembaran kertas. Tapi bagaimana caranya mengirim lamaran kerja melalui E-mail?

Cara Melamar Kerja Via Online Melalui Email

Kecanggihan teknologi sekarang mengharuskan seluruh kondisi bisa dikerjakan dengan instan dan cepat. Mengirim lamaran kerja melalui Gmail dan Yahoo adalah cara paling cepat. Kamu bisa melakukannya di Android, laptop dan juga PC saja dengan waktu yang relatif singkat. Namun, karena tidak mengetahui langkah yang benar pengiriman lewat E-mail, banyak orang lebih memilih mengirim surat lamaran kerja secara manual. Untuk itu koranspace akan membagikan informasi nih untuk kamu semua yang ingin mengirim surat lamaran kerja via online, disimak yahh.

Cara Melamar Kerja Via Online Melalui Email


1. Siapkan dokumen yang diminta

Dokumen yang dibutuhkan atau diminta oleh sebuah perusahaan harus benar-benar Kamu ikuti. Misalnya peraturan seperti warna dan ukuran pas foto, KTP, ijazah, riwayat hidup dan lain-lain. Usahakan juga untuk seluruh file yang akan diajukan jangan terlalu besar. Untuk memperkecilnya Kamu bisa memakai resize file yang memiliki ukuran diatas 2 MB. Buatlah seluruh berkas yang Kamu buat semenarik mungkin dan selengkap mungkin.

2. Ubah berkas menjadi file PDF

Umumnya akan semakin baik jika Kamu mengganti format dokumen menjadi PDF. Apabila Kamu sebelumnya membuat surat lamaran dalam bentuk word cobalah untuk convert ke PDF. Atau jika membutuhkan tanda tangan, Kamu bisa print terlebih dulu, tanda tangan lantas scan. Seluruh berkas mencakup CV, foto,  kartu identitas dan berbagai surat pendukung lainnya harus Kamu scan dengan format file yang sama. Atau bisa di scan menjadi 1 file saja.

3. Gunakan Email profesional

Salah satu hal yang kerap dianggap remeh oleh seorang pelamar pekerjaan adalah dari email yang mereka gunakan. Sebaiknya Kamu memakai Email dengan nama asli kamu. Karena, banyak perusahaan besar mempertimbangkan terkait keformalan si pelamar. Usahakan untuk tidak memakai Email dengan nama samaran atau nama yang aneh. Nama lengkap Kamu sudah cukup baik untuk dilihat sebagai pengirim.

Apabila Kamu belum memiliki Email seperti kriteria yang disebutkan, segeralah untuk mendaftar E-mail baru dengan nama yang sesuai. Proses pembuatan E-mail pun tidak susah bahkan benar-benar gampang dan cepat. Kurang lebih hanya membutuhkan waktu 10-15 menit untuk kamu melakukan pendaftaran email baru.

4. Standar Pengiriman Email

Poin yang 1 ini adalah hal yang terpenting saat akan mengirimkan lamaran melalui Email. Kamu harus mengawasi tiap bagian isi Email. Hal tersebut mencangkup mengisi subjek, isi Email dan juga melampirkan file lamaran dengan baik dan benar. Dan juga, meskipun lamaran Email ditunggu selama 24 jam, upayakan untuk tidak mengirimnya jam 12 malam. Hal tersebut untuk mengelak dari ketidaksopanan, usahakan untuk mengirim pada saat jam kerja.

5. Cek kembali alamat Email perusahaan yang dituju

Anda harus benar benar mengetahui E-mail perusahaan atau lokasi yang ingin Kamu lamar. Salah dalam mengisi alamat Email yang dituju, pesan tidak akan tersampaikan. Yang terpenting sesudah itu, hindari kesalahan dalam pengetikkan alamat E-mail perusahaan supaya surat lamaran bisa benar-benar sampai ke perusahaan yang dituju.

6. Isi Judul atau Subjek Email

Dibeberapa lowongan pekerjaan kebanyakan mencantumkan beberapa ketentuan yang harus diiringi seperti subjek dalam pengiriman surat lamaran kerja. Memang, dalam beberapa perusahaan lainnya tidak memberikan ketentuan itu, maka sebaiknya Kamu senantiasa teliti dalam mengisi subjek. Dengan mengisi subjek Email memiliki fungsi yang baik untuk memudahkan perusahaan mengetahui Email yang masuk dengan membaca judulnya saja.

7. Isi teks Email

Beberapa perusahaan memberikan ketentuan untuk mengisi teks Email, tetapi beberapa lagi tidak. Untuk perusahaan yang tidak mengharuskan ketentuan itu, maka Kamu bisa memakai salam pembuka dan memperkenalkan diri Kamu saja. Hal terpenting saat mengisi teks Email adalah jangan terlalu panjang karena hal ini mungkin akan membuat lamaran kamu terabaikan.

8. Lampirkan seluruh persyaratan

Apabila sudah mengikuti seluruh prosedur yang tersedia diatas, berikutnya yang tidak kalah penting atau inti dari pengiriman surat lamaran adalah melampirkan seluruh persyaratan file. Pastikan seluruh berkas sudah Kamu lampirkan dengan lengkap. Seperti yang sudah kita singgung sebentar di atas bahwa usahakan ukuran filenya tidak lebih dari 3MB.

9. Lakukan Pemeriksaan Ulang

Setelah smeua sudah diisi dan dilampirkan, Jangan langsung di kirim Email nya. Sebelum itu lakukan pemeriksaan ulang. Hal tersebut dilakukan dengan meninjau dari awal sampai akhir termasuk bagian subjek atau judul, nama alamat perusahaan yang dituju, isi E-mail, dan lampiran yang akan dikirim apakah sudah lengkap atau belum. Tahap ini penting dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahan penulisan atau salah melampirkan berkas.

10. Kirim lamaran

Apabila melalui pemeriksaan sudah benar-benar lengkap dan benar, tiba saatnya untuk mengirimkan lamaran pekerjaan Kamu dengan cara menekan tombol kirim atau send yang umumnya didapati di bagian bawah E-mail. Dengan demikian Kamu sudah berhasil mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email. Berikutnya, yang bisa kamu lakukan adalah berdoa semoga surat lamaran Kamu dibaca, dibalas dan diterima oleh peusahaan tujuan kamu.

Uraian diatas adalah metode lengkap penggunaan Email yang manjur dan efesien untuk kebutuhan melamar pekerjaan. Contoh surat lamaran itu bisa benar-benar menarik jika Kamu mengikuti seluruh petunjuk dan trik yang dipaparkan diatas. Cara ini umumnya banyak dilakukan dan hasilnya cukup memuaskan. Tapi mungkin Kamu harus menanti berapa lama panggilan kerja lewat Email ini.

0 $type={blogger}

Posting Komentar