Jumat, 17 Januari 2020

7 Rekomendasi Novel Fiksi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Membaca novel adalah salah 1 aktivitas yang memuaskan untuk mengisi waktu luang untuk orang yang suka membaca. Novel sendiri ada banyak macamnya. Mulai dari novel dengan jenis seperti humor, romance, misteri, horor, petualangan dan lain-lain. Di Negara kita sendiri, novel fiksi berikut adalah pilihan terbaik untukmu.

7 Rekomendasi Novel Fiksi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Para sastrawan hebat karya anak bangsa sudah banyak menorehkan hasil karya yang membanggakan berwujud novel-novel terbaiknya. Beberapa diantaranya bahkan dinobatkan sebagai novel terbaik sepnanjang masa. Sayang sekali dilewatkan untuk Kamu yang memiliki kesukaan membaca novel fiksi. Alur kisah yang seru dan memuaskan akan tambah istimewa dengan kisah yang bisa menginspirasi.

Bila Kamu ingin mencari referensi bacaan novel keren, maka jangan lewatkan judul-judul novel dibawah ini. Walaupun ada banyak novel terbaru yang tampil, deretan novel ini tetap dikatakan yang "terbaik" dan tidak pernah sepi peminat. Sebagai berikut adalah rekomendasi novel indonesia terbaik untuk kamu.

7 Rekomendasi Novel Fiksi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa


1. Bumi Manusia

Novel fiksi pertama yang masuk dalam jajaran novel terbaik dari Negara kita adalah bumi manusia. Bumi manusia sendiri adalah buku pertama karya tangan tokoh terkemuka yakni Pramoedya Ananta Noer. Novel ini adalah novel dengan jenis sejarah dan mengambil latar belakang di Blora pada akhir abad ke-19. Alur ceritanya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri untuk seluruh pembacanya.

Kalau Kamu penasaran dengan sinopsisnya, nih koranspace kasih bocoran dikit.
Diawali tokoh utama bernama Minke. Ia adalah seorang pelajar dengan sikap yang berani dan gigih dalam mengejar impiannya. Pada waktu itu dia bersekolah di H.B.S kota Surabaya. Ia berada di lingkungan orang Eropa yang kerap mengejeknya karena dia adalah orang pribumi. Mulai terbawa budaya Eropa, membuatnya ingin mencari jati dirinya.

2. Laskar Pelangi

Judul novel yang 1 ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua, karena ini adalah salah 1 hasil karya anak bangsa yang sukses besar dalam dunia novel dan film layar lebar. Novel laskar pelangi diambil berlatarbelakang di Belitung tepatnya di dekat pinggiran pantai. Ada banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari alur ceritanya yang sudah disusun begitu menarik.

Menceritakan mengenai sebelas anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah Belitung. Mereka adalah anak serba kekurangan, tetapi tetap semangat untuk meraih hidup yang lebih baik tetap berkobar dalam diri mereka. Walaupun hidup mereka susah, motivasi dalam diri mereka benar-benar besar untuk tetap bersekolah meski sekolah mereka hampir ditutup karena kekurangan murid.

3. 5CM

Buku Novel terlaris karya Indonesia berikutnya adalah 5CM. Selama 2 tahun berturut-turut, buku ini masuk dalam list novel negri yang "wajib banget" untuk di baca. Buku ini adalah hasil karya dari tokoh populer bernama Donny Dhirgantoro yang menceritakan mengenai kehidupan antara lima sahabat selama tujuh tahun. Sampai pada akhirnya mereka memutuskan untuk melaksanakan perjalanan dengan keyakinan akan cita-cita, mimpi dan cinta.

4. Negeri 5 Menara

Nah, berlainan dengan novel yang lainnya, novel 5 menara adalah novel yang terinspirasi dari kisah nyata. Buku hasil karya Ahmad Fuadi ini adalah buku pertama dari trilogi negeri 5 menara yang menceritakan mengenai enam orang santri yang berasal dari berbagai daerah yang berlainan 1 sama lain.

Mereka menuntut ilmu di Pondok Madani, Jawa Timur. Mereka sama-sama memiliki sifat pantang menyerah dan berfikir positif yakni jangan pernah untuk meremehkan apapun impian mereka. Mereka percaya bahwa Tuhan senantiasa mendengar mereka untuk bisa menggapai jendela dunia. Di dalam novel ini Kamu akan banyak mendapat makna kehidupan untuk mencapai impian mereka masing-masing.

5. Sang Pemimpi

Novel hasil karya Andrea Hirata dengan judul Sang Pemimpi adalah tetralogi kedua dari novel laskar pelangi. Melalui buku ini, sang penulis ingin memperlihatkan kepada pembaca apa artinya perjuangan dalam hidup. Dia juga ingin meyakinkan kita akan kekuatan mimpi, tenaga cinta dan adanya pengorbanan. Bila kita ingin meraih apa yang kita impikan itulah kuncinya.

Melalui persahabatan Ikal dan Arai yang memiliki mimpi untuk bisa menuntut ilmu di Paris ini bisa memberikan kita inspirasi atau motivasi. Novel ini menjadi novel terbaik dan populer karena sarat akan makna kehidupan yang "wajib" untuk dibaca.

6. Saman

Novel Saman ditulis oleh seorang sastrawan novel bernama Ayu Utami. Dari ceritanya sendiri mengambil kisah dari seorang tokoh utama yang bernama Wisanggeni. Namun, dia semakin kerap dengan sebutan Wis. Sekilas ceritanya adalah saat Wis mengikuti ayahnya untuk pindah ke Prabumulih. Sebelumnya dia tinggal di kota Yogyakarta.

Setelah mendapat gelar sarjana di Universitas ternama yakni Institut Pertanian Bogor, dia berprofesi sebagai seorang pastor. Julukan nama lainnya kala itu adalah Romo Wis. Di lokasi barunya dia mengalami banyak sekali perubahan. Apalagi saat dia mencoba untuk menolong seorang gadis cacat, berbagai cobaan tetap menimpanya. Sampai pada akhirnya dia merubah namanya menjadi Saman dan pindah ke kota New York.

7. Ronggeng Dukuh Paruk

Novel dengan budaya yang kental adalah Ronggeng Dukuh Paruk karya Akhmad Tohari. Novel ini menjadi populer karena ceritanya yang begitu apik dan banyak diminati. Latar belakang ceritanya adalah diambil di sebuah desa miskin dan letaknya terpencil bernama Dukuh Paruk. Walaupun demikian, warisan kesenian ronggeng adalah kebanggan mereka.

Namun, sebuah saat terjadi musibah yang tidak terduga. Pada saat itu belasan warga meninggal akibat keracunan tempe bongkrek, sampai tidak sedikit menimbulkan warga tidak lagi bergairah. Semangat hidup mereka pada akhirnya bisa bangkit karena seorang gadis muda yang memperlihatkan bakatnya dalam menari ronggeng. Namanya adalah Srintil. Ceritanya benar-benar seru dengan alur yang menimbulkan penasaran.

Inilah list novel paling populer yang bisa menjadi referensi dan pilihan Kamu untuk mengisi waktu luang dengan membaca novel. Ada banyak pilihan bukan? Kamu bisa menentukan bersumberkan latar adegan, tokoh, alur cerita, atau ending ceritanya.

Beberapa novel diatas juga sudah sukses di dalam dunia film layar lebar, mungkin Kamu bisa melihat beberapa diantaranya sudah tidak asing lagi. Selamat membaca.

0 $type={blogger}

Posting Komentar