Rabu, 15 Januari 2020

10 Bahaya Memakan Mie Instan Secara Berlebihan Bagi Anak

Mie instan, merupakah salah satu makanan cepat saji dan terjangkau ini memang banyak menjadi pilihan untuk kebanyakan orang yang enggan susah memasak. Dan juga proses pembuatannya yang benar-benar gampang memungkinkan siapa pun bisa membuatnya meskipun orang itu tidak bisa memasak sedikit pun. Rasanya jangan diragukan lagi, bermacam-macam varian rasa sudah ditambahkan akibatnya semakin memperluas minat dan selera orang-orang. Namun, menurutmu apakah makanan mie instan ini aman di konsumsi secara terus-menerus? Sebenarnya tidak, ada bahaya yang siap mengintai kamu.

10 Bahaya Memakan Mie Instan Secara Berlebihan Bagi Anak

Walaupun mie instan adalah makanan cepat saji yang benar-benar populer dan memiliki rasa yang enak, sebaliknya Kamu harus tetap waspada. Pastikan untuk tidak terlalu kerap memakannya. Karena kebanyakan orang sekarang ini ada saja yang menjadikan mie instan sebagai makanan kesukaan mereka atau bahkan karena malas masak, mereka sampai menyetok persediaan mie yang banyak di rumah. Bukannya tidak dianjurkan untuk dimakan melainkan ada pengaruh negatifnya sendiri apabila dimakan terlalu sering.

Biasanya orang yang suka mengonsumsi makanan berbumbu rasa dari soto, ayam bakar, ayam geprek, sate, gulai, bakso dan lain-lain ini benar-benar digemari oleh anak-anak sampai remaja. Misalnya begitu diminati di kalangan seperti pelajar, mahasiswa, anak kost sampai dengan orang tua pun juga menyukainya. Bagi orang tua sudah sewajarnya memantau aktivitas makanan anak-anak mereka. Apalagi tidak jarang juga anak-anak yang mengonsumsi mie mentah. Kamu bisa bayangkan betapa bahaya nya. Mie instan yang sudah dimasak saja beresiko buruk untuk kesehatan apalagi mie yang masih mentah.

Mungkin Kamu sendiri sudah banyak membaca atau mendengar berita di media sosial, website atau portal berita seputar pengaruh buruk dari kerapnya mengonsumsi mie. Bukan lagi alasan, beberapa penyakit bisa saja timbul karena kebiasaan mengonsumsi mie instan yang tidak sesuai batasnya. Ungkapan mie instan mengendap diperut dan susah dicerna ini memang benar adanya. Lantas apa saja akibat yang ditimbulkan dari mengonsumsi mie instan berlebihan khususnya untuk anak-anak? Untuk melengkapi pengetahuan Kamu seputar pentingnya kesehatan anak dan pemberian makanan yang sesuai, silahkan Kamu simak Apa saja bahaya makan mie siap seduh ini? Yukk langsung saja disimak.

10 Bahaya Memakan Mie Instan Secara Berlebihan Bagi Anak


1. Beresiko Kanker

Bahaya pertama yang bisa saja benar-benar membahayakan adalah penyakit kanker. Kamu tentu saja sudah mengetahui bukan seberapa ganasnya penyakit yang 1 ini? Bahkan penyakit ini populer begitu benar-benar mematikan. Hanya dengan waktu beberapa bulan saja sudah bisa menelan korban. Pada umumnya mie instan yang kerap dikonsumsi akan memberikan tekanan yang berlebih pada sistem pencernaan. Nah, dengan memaksanya untuk mencerna mie dengan secara terus menerus selama berjam-jam akan membuat kinerja nya menurun.

Malah, alih alih akan mengacaukan kadar gula darah dan juga pelepasan insulin apabila terjadi pencernaan yang lambat. Bahan kimia dan pengawet pun pada akhirnya mengendap dalam tubuh. Tahu kah Kamu beberapa bahan di dalam mie instan sesungguhnya bersifat karsinogenik. Ini berarti makanan ini bisa memacu pada kanker dan penyakit lainnya seperti asma, diare dan kecemasan karena terlalu kerap di konsumsi.

2. Kerusakan Jaringan Otak

Mengonsumsi mie instan dengan cara berlebihan bisa menimbulan terjadinya penumpukan zat-zat kimia yang benar-benar berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia. Dan bahkan efek yang di timbulkannya adalah merusak sel sel pada jaringan otak. Dampak terlalu kerap memakan mie instan ini juga lama kelamaan akan membaut penurunan transmisi sinyal di dalam otak. Dan juga, dengan adanya kerusakan sel otak juga akan memicu penyakit berbahaya lainnya seperti kelumpuhan dan stroke.

3. Obesitas

Penyakit obesitas bukan hanya dikarenakan oleh memakan makanan berlemak saja, melainkan mie instan juga adalah salah 1 pemicu pertama penyakit obesitas ini. Bagaimana bisa? Tahu kah kamu? Walaupun mie instan kita lihat sebagai makanan yang sederhana, tapi sesungguhnya di dalamnya didapati sejumlah besar lemak dan natrium yang tidak bisa Kamu konsumsi terlalu kerap. Mie instan juga akan menyebabkan terjadinya retensi air dalam tubuh manusia.

4. Kerusakan Organ Tubuh

Tidak hanya merusak sel-sel jaringan otak kita sebagaimana yang sudah dipaparkan diatas, makanan yang 1 ini juga berpotensi merusak organ dalam tubuh kita. Sebagai salah 1 makanan yang bisa disimpan dalam kurun waktu yang lama, maka bisa dipastikan bahwa dalam mie instan sendiri didapati bahan anti beku yang memiliki peran dan fungsi untuk mempertahankan mie tetap enak dan kenyal pada saat diseduh. Meskipun demikian saat tubuh mengonsumsi dalam jumlah banyak, akibatnya bisa merusak hati, ginjal, jantung dan juga sistem kekebalan tubuh kita.

5. Junk Food

Mie instan bisa dianggap sebagai junk food dan tidak bisa sama sekali menggantikan makanan bernutrisi. Karena mie instan ini sendiri sudah mengandung banyak sekali karbohidrat, tetapi tidak mengandung mineral, serat dan vitamin. Mie instan ini juga sudah mengandung banyak lemak trans dan lemak jenuh. Dan karena padat kalori, bahaya mie instan akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh apabila terlalu kerap di konsumsi dalam jumlah yang tidak sedikit.

6. Gizi Buruk

Sebuah penelitian yang sudah dimuat dalam sebuah jurnal bernama Nutrition Research and Pratice pada tahun 2011 menjelaskan bahwa anak-anak yang kerap mengonsumsi mie intan akan cenderung mengalami kondisi adanya keunggulan lemak dan garam sementara sang anak itu kekurangan dalam kalsium, protein, zat besi, vitamin C dan vitamin A yang justru malah penting dalam tubuh. Ketidak seimbangan itu didapati karena akibat mengonsumsi makanan instan ini dengan cara serakah dan tidak berbatas. Akibatnya anak-anak banyak dikatakan terkena yang namanya gizi buruk.

7. Kandungan MSG

Apakah Kamu mengenal apa yang dimaksud dengan MSG yang adalah singkatan dari Monosodium glumate ? Yess, tentunya Kamu sudah mengenalnya sebagai bahan yang ada dalam mie instan bukan? Bahan ini dipakai untuk bisa menambahkan rasa pada mie, tetapi pada kenyataannya 1-2% dari populasi manusia mengidap alergi terhadap MSG. Nah, saat orang-orang yang tidak disadari memiliki alergi MSG dan mengonsumsi mie instan, maka bahaya nya akan bisa menimbulkan rasa seperti terbakar, panas di dada, nyeri, sakit kepala dan adanya kemerahan pada wajah.

8. Tinggi Natrium

Mie instan memang memiliki kadar Natrium yang benar-benar tinggi. Oleh karena itu, jika terlalu banyak mengonsumsinya akan menimbulkan natrium dalam tubuh Kamu semakin meningkat. Pada akhirnya Kamu akan diserang penyakit seperti Stroke, kerusakan ginjal, hipertensi dan penyakit jantung. Jadi mengelak dari makan mie instan dengan cara berlebihan adalah pilihan terbaik jika tidak ingin mengalami penyakit mematikan seperti yang sudah disebutkan itu.

9. Gangguan Metabolisme

Metabolisme dalam tubuh atau yang biasa kita kenal dengan sistem kekebalan tubuh bisa saja akan berkurang karena terlalu kerap mengonsumsi makanan mie. Kalau kebanyakan Kamu sudah menciptakan metabolisme atau ketahanan tubuh terhadap serbuan penyakit, dengan kerap memakan mie instan ini bisa saja diumpamakan seperti meruntuhkan bangunan yang sudah dengan susah payah Kamu buat untuk melindungi tubuh Kamu dari serbuan penyakit. Gangguan metabolisme ini dikarenakan mie instan mengandung zat-zat kimia yang beracun seperti halnya pewarna makanan dan bahan pengawet didalamnya.

10. Berisiko Keguguran

Bila Kamu adalah seorang ibu muda yang sedang mengandung sang buah hati, pastikan untuk tidak mengonsumsi mie siap seduh tiap hari atau terlalu kerap. Karena bahaya nya bukan hanya untuk Kamu sendiri melainkan untuk sang bayi yang ada di dalam rahim kamu. Dimana resiko keguguran akan semakin besar karena bumbu dan bahan pengawet dalam mie instan bisa benar-benar mempengaruhi perkembangan sang janin. Atau dalam kasus lainnya bisa mendatangkan kecacatan dan lahir tidak biasa pada buah hati kamu. Jadi, pilihan bijak untuk ibu mengandung jangan memakan makanan mie instan dalam kadar yang terlalu banyak.

Inilah informasi selengkapnya seputar akibat mengonsumsi mie instan yang lepas kontrol oleh orang tua. Saran dan petunjuk praktis untuk seluruh wali dan orang tua, sebaiknya jangan biasakan anak Kamu untuk memakan mie instan secara terus-menerus atau bahkan menjadi cemilannya. Tetapi, hendaknya Kamu membatasi di tahap wajarnya saja. Boleh sesekali mengonsumsi makanan siap seduh ini, tetapi ingat batasannya. Buah hati Kamu sebaiknya butuh memakan makanan sehat dan kaya akan gizi. Patut diperhatikan, jangan sampai Kamu sendiri adalah orang yang gemar makan mie instan karena tentunya akan menular ke anak Kamu untuk suka makan mie instan juga.

0 $type={blogger}

Posting Komentar